Rabu, 11 Desember 2013

Kish anak sholih 13



Beriman dengan Mizan

Wahai anakku…pada hari kiamat nanti, akan ada mizan. Tahukah kalian apa itu mizan?

Mizan adalah sesuatu untuk menimbang seluruh amalan para hamba Alloh di hari kiamat nanti. Mizan memiliki dua anak timbangan dan satu lisan.

Namun kita tidak boleh membayangkan atau mempermisalkan bahwa mizan seperti timbangan yang sekarang ada di dunia. Karena mizan termasuk perkara ghoib.

Pada hari kiamat nanti, Alloh akan meletakkan timbangan yang tepat dan adil. Tidak ada seorangpun yang akan dirugikan. Walaupun amalannya itu hanya seberat biji sawi pasti Alloh akan membalasnya.

Anakku sayang…barangsiapa yang lebih berat timbangan amal kebaikannya, maka dia akan beruntung dan masuk surga. Dan barangsiapa yang lebih berat tmbangan amal keburukannya, maka dia akan merugi dan masuk neraka.

Allah ta’ala berfirman:
“Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan) nya, maka mereka itulah orang-orang yang mendapat keberuntungan. Dan barangsiapa yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di neraka jahanam.” (Surat Al-Mukminun, ayat 102-103)

Anak-anakku yangs holih dan sholihah…Rosululloh sholallahu ‘alaihi wasallam dengan kasih sayangnya mengajari kita sebuah dzikir yang berat timbangannya di hari kiamat nanti.

Beliau Rosululloh sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“dua kalimat yang dicintai Ar-Rohman, ringan untuk diucapkan akan tetapi berat di timbangan (mizan). (Dua kalimat itu) adalah:
“Maha Suci Alloh dan segala puji bagiNya, Maha suci Alloh yang Maha Agung).”
(Diriwayatkan A Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairah rsdhiyallahu ‘anhu)

Jangan lupa hapalkan dzikir ini ya..!

Anakku sayang…
Banyak-banyaklah beramal sholih, supaya kita menjadi orang-orang yang berunutng. Dan berhati-hatilah dari amalan jelek. Jangan sampai amalah jelek itu mencelakakan kita.
Wallahu a’lam bishshowab.

Sumber: saduran dari majalah Bunayya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar