Rabu, 11 Desember 2013

Kisah anak sholih 5




Hindarilah sikap tergesa-gesa
 


Anak-anakku..
Hindarilah sikap tergesa-gesa…

Ibnu Hibban rahimahullah berkata:
“orang yang bersikap hati-hati, hampir tidak pernah diungguli oleh siapa pun sebagaimana orang yang selalu tergesa-gesa hampir tak pernah mengungguli siapa pun.

Dan kalau orang yang diam itu hampir tidak pernah menyesali, demikian juga orang yang banyak bicara itu hampir tidak pernah terhindar dari kesalahan.

Orang yang tergesa-gesa akan selalu diiringi penyesalan dan tidak pernah meraih keselamatan. Kesalahan itu bekalnya orang yang tergesa-gesa.

Berbeda halnya kalau seseorang bersikap hati-hati dan cermat.. hal demikian akan membuat sesuatu menjadi lebih jernih, pertimbangan menjadi lebih matang, dan seseorang akan lebih mungkin terhindar dari kesalahan.

Anakku…
Jadilah pribadi yang tenang, bersikap hati-hati, cermat, dan mempertimbangkan banyak hal sebelum berucap dan berbuat. Perkataanmu saat berbicara hendaklah ditimbang, karena ucapan itu memperlihatkan cerdas tidaknya seseorang.
Barokallahu fiikum…

Sumber: saduran dari majalah Bunayya

2 komentar:

  1. The Citizen Titanium Dive Watch - The Official Home of the Citizen Titanium
    With our signature design, the watch features titanium max trimmer a unique design element, which how to get titanium white octane is the does titanium set off metal detectors key feature of the original design. In addition to polished titanium its impressive titanium prices

    BalasHapus