Senin, 25 November 2013

Manfaat buah berwarna kuning



Manfaat buah berwarna kuning

Di sekeliling kita begitu banyak buah yang kaya akan zat gizi dan fitokimia yang bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah beberapa buah berikut ini:

Belimbing
Buah ini adalah sumber  vitamin A dan C, fosfor, zat besi, kalsium dan antioksidan. Kandungan tannin pada kulitnya bermanfaat bagi pencernaan usus dan berkhasiat sebagai obat diare dan disentri. Manfaat lainnya adalah dapat menurunkan konsentrasi serum triacylgliserol, kolesterol dan asam empedu pada feses. Namun, penderita ginjal harus berhati-hati dalam mengonsumsi belimbing karena kandungan asam oksalatnya. Asam oksalat adalah senyawa yang dapat membentuk batu ginjal. Selain belimbing, bayam juga tinggi kandungan asam oksalatnya. Karena itu, ketika mengonsumsi bayam, sebaiknya buang air rebusan bayam untuk mengurangi kandungan asam oksalatnya.

Nangka
Nangka kaya akan kalium. Dalam 100 gr nangka, terkandung 303 mg kalium. Nangka mengandung fitokimia berupa isoflavon yang berkhasiat sebagai antikanker dan anti radang. Selain nangka, buah yang memiliki kandungan kalium tinggi adalah pisang. Mengonsumsi pisang secara berlebihan dapat membuat jantung berdetak lebih cepat karena kandungan kaliumnya. Penderita ginjal pun harus berhati-hati mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi kandungan kaliumnya, karena kalium tidak bisa dikerluarkan oleh ginjal. Selain nangka dan pisang, dukuh juga tinggi kandungan kaliumnya.

Durian
Durian kaya akan vitamin B, C, E, serta zat besi. Kandungan asam amino triptofan nya yang tinggi bermanfaat untuk menurunkan tingkat kecmasan, depresi, insomnia, dan memberikan persaan senang. Selain triptofan, durian juga mengandung senyawa organosulfur berkadar tinggi. Manfaat senyawa tersebut, antara lain menurunkan sistesis kolesterol oleh sel hati, mencegah penyumbatan pembuluh darah arteri di koroner dan otak, menghambat enzim inflamasi, serta sebagai antioksidan.

Nanas
Nanas mengandung enzim proteolitik, yaitu enzim bromelain yang membantu pencernaan protein. Kandungan bromelainnya dapat mencegah pembekuan darah. Khasiat lain dari nanas mengatasi hipertensi, penyakit sendi, bronchitis, dan mencegah konstipasi. Selain itu, segelas jus nanas segar adalah obat muajrab untuk menghilangkan rasa mual.
Semoga bermanfaat..^^

Referensi: Menu sehat berdasarkan warna makanan (Nazarina, M.Med. SCi & Dra. Sulistijowati S., Apt., MSc) dan berbagai sumber.

Kita ingat-ingat lagi yuk..
Buah dan sayuran yang tinggi kandungan asam oksalatnya……………………………….
Senyawa asam oksalat adalah……………………………………………
Belimbing juga bermanfaat bagi pencernaan………………… dan sebagai obat………………… karena kandungan tannin pada kulitnya.
Nangka kaya akan …………………..dalam 100Kg nangka terkandung 303 mg ………….
Konsumsi kalium yang berlebihan dapat menyebabkan……………….…………………….
Buah yang kandungan kaliumnya tinggi diantaranya…………………… dan …..………………
Asam amino triptofan bermanfaat untuk…………………………………………………………………..…………
Salah satu buah yang tinggi kandungan asam amino triptofan adalah……………………
Durian juga mengandung senyawa organosulfur yang tinggi. Manfaat senyawa organosulfur adalah………………………………………………..
Buah yang dapat mencegah penyumbatan pembuluh arteri di koroner adalah …………………….
Nanas mengandung…………………………………
Enzim proteolitik adalah ……………………………………
Bromelain dapat mencegah ……………………………
Jika terasa mual, kita dapat meminum segelas jus …………………….. ^^
Selesai






Tidak ada komentar:

Posting Komentar